Anies Sentil Prabowo: Utang Buat Beli Pesawat Bekas Itu Tak Tepat!

Jakarta, CNBC Indonesia –┬áCalon Presiden (Capres) Nomor Urut 1 Anies Baswedan kembali mengkritik langkah Pemerintah Indonesia terkait membeli pesawat tempur bekas.

Hal ini diungkapkan dalam Debat Capres ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (07/01/2024).

Dalam sebuah sesi menyanggah Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto, Anies menjelaskan bahwa utang Indonesia dapat dikelola bila saat ini komposisinya 30% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Ia menyebut utang ini harus dikelola dengan produktif dan bukan untuk membeli hal-hal seperti pesawat tempur bekas.

“Jangan utang digunakan untuk kegiatan non produktif, seperti membeli alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan, itu bukan sesuatu yang tepat,” papar Anies Baswedan dalam Debat Capres ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (07/01/2024).

Sebelumnya, Prabowo yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) sempat berencana untuk membeli 12 pesawat tempur bekas tipe Mirage dari Qatar. Ia berpandangan bahwa pesawat itu masih layak digunakan hingga belasan tahun ke depan.

Namun baru-baru ini rencana itu dibatalkan. Juru bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan penundaan disepakati Kementerian Pertahanan dan Kementerian Keuangan karena keterbatasan fiskal.

“Disepakati pemerintah dalam hal ini Kemenkeu, Kemenhan. Pak Menhan, menunda pembelian Pesawat Mirage 2000-5 ini, kenapa? karena kapasitas fiskal kita untuk sementara ini belum bisa mendukung pembelian Mirage 2000-5 jadi ada penundaan,” kata Dahnil saat dikonfirmasi CNN Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia akan melaksanakan Pemilihan presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024 mendatang. Tercatat, ada tiga pasang calon yang bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di republik ini.

Anies Baswedan berada di nomor urut satu bersama Cawapresnya, Muhaimin Iskandar. Prabowo maju bersama putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, di nomor urut dua. Kemudian, ada Ganjar Pranowo dan cawapresnya, Mahfud MD, di nomor urut tiga.

Debat Capres ini sendiri merupakan debat ketiga dalam rangkaian debat yang diselenggarakan KPU RI. Adapun tema Debat Capres ketiga ini terkait bidang Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik

Sebelumnya, debat pertama diadakan pada tanggal 12 Desember lalu dan debat kedua diselenggarakan pada 22 Desember 2023. https://kerasnya.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*