Anies Ungkap 3 Solusi Kunci Berantas Ancaman Hacker di RI

Jakarta, CNBC Indonesia –┬áCapres nomor urut 1 Anies Bawedan menyinggung soal ancaman hacker yang merajalela di Indonesia. Menurut dia, ancaman non-tradisional ini makin dirasakan di Indonesia.

Banyak keluarga yang HP dan komputernya diserang oleh hacker. Namun, hingga kini belum ada solusi yang benar-benar solutif untuk menanggulanginya.

“Kita perlu bangun pertahanan siber yang serius. Ini tidak cukup hanya memberi tugas sekelompok orang, tapi harus membangun satu sistem yang komperhensif yang melibatkan seluruh lembaga termasuk komponen masyarakat,” kata dia, dalam Debat Capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Lebih lanjut, ia juga mengatakan solusi kedua adalah mengadakan teknologi terbaru. Namun, ia menggarisbawahi bukan hanya teknologi yang menjadi kunci, tetapi sumber daya yang besar.

“Kuncinya pelibatan semua orang secara semesta,” ujarnya.

Terakhir, menurut dia perlu ada mekanisme merespons balik ketika ada serangan yang terjadi. Dengan begitu, dampaknya tidak berlarut-larut.

“Ada kecepatan untuk recover, kecepatan untuk kembali dalam sistem ketika terjadi serangan siberm” ia memungkasi. https://kasikan12.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*