Ditanya Ganjar, Ini Penjelasan Prabowo Beli Pesawat Bekas

Jakarta, CNBC Indonesia – Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo blak-blakan mengkritisi capres nomor urut 2 Prabowo Subianto soal keputusan membeli pesawat bekas.

Menurut Ganjar, awalnya dia percaya bahwa Prabowo benar-benar paham soal sektor ini. Namun, setelah Ganjar berbicara ke pilot, angkatan udara, ia mengatakan kebijakan yang top-down membuat mereka hanya menerima saja.

Soal pembelian alutsista bekas, Ganjar mengatakan perencanaannya terlalu gegabah. Ia mengklaim persoalan itu tidak dimunculkan sama sekali di industri pertahanan.

Menanggapi hal ini, Prabowo memberikan penjelasan. Menurut dia, alat perang itu usianya kurang lebih 25-30 tahun.

“Jadi bukan soal bekas atau tidak bekas. Tapi usia pakainya kemudaan. Jadi umpamanya pesawat 2004 yang di Qatar yang rencananya akan kita akuisisi itu usia pakainya masih 15 tahun pak,” ia menjelaskan dalam debat capres 2024, di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024).

Ia mengatakan teknologi tersebut mengarah ke teknologi canggih dan terbaru. Ia juga mengatakan ada persoalan jika membeli pesawat baru.

“Kalau kita beli baru, datangnya baru 3 tahun dan operasionalnya itu baru 7 tahun. Nah, sementara 3-7 tahun ini kita ditekan perlu kemampuan canggih,” ia menjelaskan. https://selerapedas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*