Dituding Prabowo Terlalu Teoritis, Anies Gercep Balas: 5 Tahun Apa?

Jakarta, CNBC Indonesia –┬áCalon Presiden (Capres) Nomor Urut 1 Anies Baswedan menjawab kritikan Capres Nomor Urut 2 saat Debat Capres ketiga terkait tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (07/01/2024).

Anies merespons kritikan dari Prabowo yang menyebut dirinya terlalu teoritis. Menurut Anies, yang menjadi permasalahan saat ini adalah pelaksanaan sistem pertahanan selama lima tahun ini tidak dilakukan dengan baik.

Sebab, menurutnya, dengan anggaran Kementerian Pertahanan yang telah menghabiskan anggaran hingga Rp 700 triliun, namun tidak mampu menahan serangan siber terhadap website Kementerian Pertahanan yang dibobol hacker pada akhir 2023.

“Tadi disebut ada yang teoritis, ada yang kedua, tidak dilaksanakan. Jadi 5 tahun ini apa yang dilakukan dalam mempertahankan sistem siber kita, justru di situ letak problemnya,” kata Anies membalas kritikan Prabowo dalam Debat Capres ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (07/01/2024).

Oleh sebab itu, Anies menekankan, ketika anggaran besar itu digunakan untuk mempertahankan keamanan untuk investasi jangka panjang, tidak akan memberikan keamanan bagi masyarakat yang membutuhkan pertahanan kuat pada saat ini.

Ia sebelumnya menyinggung, soal pertahanan yang dibutuhkan masyarakat seperti pertahanan dari serangan narkoba yang masih banyak, pencurian ikan yang masih marak, hingga pencurian pasir.

“Yang terjadi ini ancaman paling nyata dirasakan seluruh keluarga bukan hanya sektor pemerintahan,” tegas Anies.

“Investasi jangka panjang boleh tapi manfaatnya itu baru dirasakan bisa 5-10 tahun mendatang, pertanyaanya hari ini dan kemarin apa? dan itu yang jadi fokus kita, segerakan sistemnya, orangnya, dan langkahnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menyebut Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan terlalu teoritis, dalam hal berkaitan dengan permasalahan siber di Indonesia.

“Ya, sekali lagi saya berpandangan Pak Anies juga terlalu teoritis, semuanya bagus indah tetapi yang nyata masalah AI, siber tertinggi dan sebagai itu awalnya sumber daya manusianya,” terang Prabowo dalam Debat Capres 2024, Minggu (07/01/2024).

Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat ketiga antara Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo di Istora Senayan sejak pukul 19.00 WIB. Debat kali ini akan fokus membahas isu seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik global.

Sebelumnya, debat pertama diadakan pada tanggal 12 Desember lalu dan debat kedua diselenggarakan pada 22 Desember 2023 lalu. https://akuitwet.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*