Konflik Laut China Selatan Bikin Pening, Ganjar Beri Solusi Begini

Jakarta, CNBC Indonesia РCalon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan jawaban terkait isu berbagai konflik di Laut China Selatan (LCS) yang masih berlangsung hingga kini. Ganjar mengatakan Indonesia memiliki banyak inisiatif baru di LCS.

Dalam debat capres ketiga 2024 yang digelar hari ini, Minggu (7/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta, Ganjar mengatakan pihak-pihak terkait harus mengevaluasi perjalanan konflik di perairan tersebut.

“Indonesia punya banyak langkah untuk bisa kita lakukan (untuk LCS). Pertama, kita evaluasi perjalanan selama ini bagaimana (konflik) Laut China Selatan tidak pernah selesai, Sudah dengan DOC (Declaration of Conduct), COC (Code of Conduct), 20 tahun lebih tidak usai,” kata Ganjar.

“Maka usulan kami jelas dan clear: kesepakatan sementara. Ini mesti kita dorong dan kita inisiatif agar kita bisa mencegah sesuatu yang tidak kita inginkan,” tambahnya.

Ganjar kemudian menyinggung modernisasi peralatan di China, yang akan selesai pada 2027 mendatang. “Apa artinya? Kalau kita bicara one China policy, maka seluruh dunia akan mengakui peran China,” imbuhnya.

Selanjutnya, Ganjar menyebut jika kemudian peran China menjadi kuat, maka potensi terjadinya konflik dengan negara-negara lain mungkin bisa muncul. “Mungkin perangnya tidak sampai ke Indonesia, tetapi tapi kita bisa terkena dampak,” tambahnya.

Terkait hal ini, Ganjar memberikan solusi dengan memperkuat patroli tentara angkatan laut (AL) Indonesia di Laut China Selatan.

“(Dengan ini) Indonesia butuh tanker-tanker tempur agar dapat digunakan tentara angkatan laut untuk dapat berpatroli, sehingga logistiknya bisa sangat murah, sehingga tidak lagi kembali ke titik awal,” paparnya.

“Maka inilah titik-titik penting yang bisa kita dorong. Kita bisa membawa posisis inisiatif ini untuk membuat kesepakatan sementara untuk menghindari potensi konflik yang lebih tinggi,” tuturnya. https://berharaplahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*