Prabowo Sebut Rasio Utang RI Terendah di Dunia, Ini Datanya

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyebut bahwa rasio utang Indonesia menjadi yang terendah di dunia. Seperti diketahui, utang pemerintah saat ini telah mencapai Rp 8.041 triliun per November 2023.

“Mengenai utang luar negeri ternyata Indonesia sekarang utang luar negeri sebagai rasio pembanding terhadap produk domestik bruto kita salah satu terendah di dunia,” ujarnya dalam debat capres ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Apabila menggunakan hitungan rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau debt to GDP ratio, utang Indonesia mengalami perbaikan signifikan.

Per akhir November 2023, debt to GDP ratio utang RI adalah 38,11%. Rasio itu, kata dia, lebih baik dari posisi Desember 2022 yang mencapai 39,7%. Demikian juga turun dari puncak debt to GDP di tengah pandemi pada posisi Desember 2021 sebesar 40,7%.

“Jadi masih kita masih sekitar berada sekitar 40%,” tuturnya.

Selain itu, Prabowo melanjutkan, manajemen dengan prinsip kehati-hatian, pengelolaan utang yang baik, ditambah dengan strategi ekonomi yang tepat, maka Indonesia mendapatkan keuntungan dan posisi data tawar yang kuat.

“Terutama dengan hilirisasi dimana kita bisa mendapatkan keuntungan bangsa ini memperkuat posisi tawar kita,” sebutnya.

Prabowo juga mengaku tidak mengkhawatirkan utang Indonesia karena menjadi salah satu negara yang paling dihormati oleh negara lain. Bahkan utamanya, ia menekankan, Indonesia tidak pernah mengalami default.

“Saya keliling seluruh dunia mereka sangat hormat dengan Indonesia kita tidak pernah gagal hutang saya sangat optimis tapi kembali kita harus punya kekuatan pertahanan yang kuat supaya tidak bisa intervensi tidak bisa digertak tidak bisa diintimidasi,” tegasnya. https://tahapapun.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*